Home > Sports > Merakit Skateboard (Build a Skateboard)

Merakit Skateboard (Build a Skateboard)

Translate to Bahasa Indonesia, from skateboard.about.com in the post

Anda bisa menggunakan instruksi ini untuk meng-upgrade atau mengganti part-part lama dari skateboard anda.

Ada dua cara untuk mempunyai skateboard yaitu membeli Complete Skateboard atau Merakitnya sendiri. Sebelumnya anda harus tahu What is your style of skateboard” (street, park, vert, all terrain or cruising).

Prioritas Merakit Skateboard adalah:
1.    Deck
2.    Wheels
3.    Bearings
4.    Trucks
5.    Griptape, risers, hardware
Postingan ini mengungkap dari ukuran yang benar, bentuk dan detail-detail lainnya, anda bisa menggunakan instruksi ini untuk meng-upgrade atau mengganti part-part lama dari skateboard anda.


1. Deck

Ukuran deck sesuai dengan tinggi badan:

Under 4’ = 29” or smaller
4’ to 4’10” = 29” to 30” long
4’10” to 5’3” = 30.5” to 31.5” long
5’3” to 5’8” = 31.5” to 32” long
5’8” to 6’1” = 32” to 32.5” long
Over 6’1” = 32.4” and up

’ >>> Feet
” >>> Inchi

1 feet = 12 inchi
1 inchi = 2,54 cm

Untuk lebar skateboard itu tergantung seberapa besar ukuran kaki anda. Lebar deck paling banyak adalah 7.5” sampai 8”, tetapi itu bisa lebih lebar atau lebih sempit. Apabila kamu mempunyai ukuran kaki yang lebih besar pilih deck yang lebih lebar.

Apabila skateboard anda untuk transition or vert, apabila banyak ber-skate di ramp atau menghabiskan waktu di skatepark, dan deck yang lebar adalah pilihan bagus (8” atau lebih).

Apabila anda lebih sering bermain street dan sering bermain technical tricks coba memakai deck yang lebarnya dibawah 8”.

Apabila skateboard anda untuk Cruise, dan tidak melakukan trik terlalu banyak, deck yang lebar merupakan pilihan terbaik.

2. Wheels

Roda skateboard mempunyai warna,ukuran, dan tingkat kekerasan (degrees of hardness) yang bermacam-macam.

Roda Skateboard mempunyai dua dasar:
–    Diameter (how tall the wheel is/seberapa tinggi roda tersebut)
–    Durometer (how hard the wheel is/seberapa keras roda tersebut)
Disini satuan durometer memakai “a”. Karena banyak roda skateboard memakai satuan ini

Banyak skaters memilih roda dari 52mm sampai 54mm, dengan tingkat kekerasan 99a. Tetapi apabila anda menginginkan yang lebih kecil atau lebih, dan sebelumnya anda harus menentukan jalur skateboard apa yang anda pilih http://en.wikipedia.org/wiki/Skateboarding_styles:

Transition/ Vert http://en.wikipedia.org/wiki/Vert_skateboarding

Roda skateboard yang lebih besar akan berputar lebih cepat, ketika berskate di ramps ini yang anda perlukan. Coba memakai ukuran roda 55-65mm (Banyak para ramp skateboarder memakai roda besar. coba anda mencoba roda ukuran 60mm), dengan hardness antara 95-100a.

Street http://en.wikipedia.org/wiki/Street_skateboarding / Technical http://en.wikipedia.org/wiki/Technical_flatground_skateboarding

Skateboarders yang suka melakukan filp tricks memilih menggunakan roda kecil, karena mereka bermain di jalanan, membuat beberapa triknya menjadi mudah dan cepat (as they are lighter and closer to the ground, making some skateboarding tricks easier and faster).Coba memakai ukuran 52-60mm, dengan tingkat kekerasan 95-100a.

Both/ All Terrain

Anda memerlukan sesuatu yang berada ditengah-tengah(You’ll want something in the middle). Dengan roda yang agak soft. Coba pakai ukuran 52-60mm, dengan kekerasan 95-100a. Ini akan memberimu keseimbangan antara kecepatan dan berat.

Cruising

Usually cruising wheels are much larger for speed (64-75mm) and much softer for riding over rough terrain (78-85a). Roda lainnya untuk cruissing ada banyak, bebarapa roda untuk dirtboard ada yang memakai knobs (kotak-kotak seperti di ban Motorcross, atau mobil Jeep), roda ini tidak disarankan untuk bermain skateboard seperti vert, street, technical. Bisa dikatakan ditipe ini bisa disebut tipe nyeleneh dari skateboard. Sebagai \
Contoh ditipe ini adalah skateboard yang berjalan di tanah, balapan skateboard dengan tidur di papannya. (try longboards http://en.wikipedia.org/wiki/Longboard_(skateboard)or dirtboards).

3. Bearing

Bearing adalah ring kecil yang berada didalam di roda skateboardmu. Disini ada tingkatan yang disebut ABEC dan terdiri dari 1-9 dan hanya memakai angka ganjil ABEC 1, ABEC 3, ABEC 5, ABEC 7, ABEC 9. Sebenarnya tingkatan bearing tersebut hanya diperuntukan untuk mesin. Tidak pada skateboard.

ABEC ratings atau tingkatan ABEC hanya menggunakan angka ganjil yang dimulai dari ABEC 1-9:

  • ABEC 1 sangat kasar, presisi yang buruk, sangat awet dan paling murah.
  • ABEC 3 bearing ini banyak digunakan complete skateboard dari China  yang murah. ABEC 3 sangat bagus untuk bermain skate, tetapi tidak terlalu smooth dan cepat
  • ABEC 5 adalah bearing yang normal untuk skateboard. Dengan harga yang segitu Anda sudah mendapatkan kecepatan yang sebanding. Bagaimanapun banyak orang-orang yang berpendapat bahwa bearing ABEC 5 ini tidak standart untuk skate, tetapi ungkapan tersebut sesungguhnya tidak benar.
  • ABEC 7, bearing yang sangat cepat dan smooth, tetapi sangat mahal. Ditambah, kamu memulainya dengan bukan keperluanmu, dan akan merusak bearing apabila digunakan secara agresif dan kasar. Juga, apabila kamu membeli bearing ABEC 7 yang murahan yang bisanya berasal dari Cina, anda akan tertipu.
  • ABEC 9, tingkatan bearing yang tertinggi akan menjadi bahan tertawaan untuk bermain skate. Karena bearing ini biasa untuk luge skateboardhttp://. Jangan memakai bearing ini untuk bermain skateboard

Semua Bearing skateboard tidak hanya mengunakan sistem ABEC. Disini juga ada International Standards Organization (ISO) system and the [German National Standards Organization (DIN) system.
Dibawah ini ada tabel perbandingan:

ABEC 1 = ISO 0 (or “normal”) = DIN P0
ABEC 3 = ISO Class 6 = DIN P6
ABEC 5 = ISO Class 5 = DIN P5
ABEC 7 = ISO Class 4 = DIN P4
ABEC 9 = ISO Class 2 = DIN P2

Dapat disimpulkan bhwa tidak semua bearing menggunakan ABEC rating system, bahkan beberapa perusahaan memakai ukuran mereka sendiri.

Skateboarder menginginkan bearing yang presisi dan awet, Jadi bearing ABEC yang ideal adalah ABEC 3 atau ABEC 5. Lumayan smooth, tetapi tidak cepat rusak ketika kamu melompat di papan.

4. Trucks

  • Lebar Truck

You want to match the width of your trucks to the width of your deck. Match your truck side to your deck with the following chart:

4.75 for up to 7.5″ wide decks
5.0 for up to 7.75″ wide decks
5.25 for up to 8.125″ wide decks
For 8.25″ and up, you can use 5.25 trucks, or use super wide trucks (like the Independent 169mm)

You’ll want your trucks to be within 1/4″ of the size of the deck.

(example read) “Lebar truck 4.75 untuk lebar deck 7.5” atau lebih”

  • Bushings

Di dalam truck terdapat bushing, yaitu bulatan kecil yang terbuat dari karet berbentuk seperti donat. Bushing tersebut membantu skateboard untuk berputar. Bushing stiff/kaku sangat stabil untuk bermain skateboard. Bushing yang soft memudahkan untuk berputar. Untuk pemula, kami merekomendasikan untuk memilih bushing stiff/ kaku, bushing itu akan rusak dalam waktu yang lama. Beberapa skateboarder memilih medium bushing, itu merupakan pilihan yang tepat. Soft bushing menyebabkan trik yang kita lakukan menjadi sulit dan kita harus mengkontrol lebih.

  • Tinggi Truck

Tinggi truck bermacam-macam. Truck yang rendah membuat kita lebih mudah untuk meng-flip dan menambah kestabilan. Dengan truck truck yang rendah maka anda membutuhkan roda yang kecil. Dengan truck tinggi kamu juga membutuhkan roda yang besar, kamu membutuhkan truck tinggi untuk memerlukan kecepatan tinggi dan jarak yang panjang.

Untuk street gunakan truck yang rendah. Untuk Cruising gunakan medium atau high truck.

Lain-lain

  • Grip Tape

adalah sebuah lapisan seperti kertas berpasir. Biasanya bewarna hitam.Lapisan ini terletak di atas Deck. Kamu bisa memasang Grip Tape sendiri sesuai kreasimu.

  • Risers

Riser ada dua yaitu depan dan belakang. Riser ini melindungi deck anda. Biasanya tinggi riser adalah 1/8”. Apa bila roda anda sangat besar maka anda membutuhkan riser yang tinggi. Apabila roda anda kecil(52 mm) anda mungkin bisa tidak memakai riser

  • Hardware

Terdiri dari sekrup dan mur, biasanya memakai kunci L untuk membukanya, ada hardware yang bewarna-warni tetapi itu just for looks atau ambil hardware yang biasa saja.

Good Luck!

Categories: Sports
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: